Selasa, 11 Oktober 2011

PESAING UTAMA iPad APPLE

PENDAHULUAN

Di zaman globalisasi ini, “information is prestigious knowledge”. Kebutuhan manusia akan Informasi didasari oleh insting mereka untuk memenuhi 15 human desires and value 2. Hasrat yang dimiliki oleh manusia tersebut mengangkat informasi menjadi sesuatu yang memiliki nilai komoditas tinggi – seperti contoh : seorang pialang anda mengetahui besok nilai tukar rupiah akan jatuh dengan drastis, maka ia akan bergegas ke bank untuk menukarkan rupiah anda dengan dollar.Bayangkan apa yang akan terjadi dengan uang anda apabila ia tidak mendapatkan informasi tersebut.

Demikian pula jika anda mengetahui bahwa ada berita tentang terungkapnya skandal pejabat negara, atau berita mengenai pemadaman lampu yang akan terjadi di daerah kita, maka kita akan segera mencari tahu tentang berita tersebut entah akan berguna bagi kita untuk melakukan persiapan positif, atau sekedar pemuasan konatif saja. Contoh-contoh di atas menunjukkan bahwa informasi telah menjadi komoditas yang berharga – kebutuhan manusia untuk “berkuasa” atas informasi telah menjadi krusial. IT atau Information Technology3 memberikan kontribusi yang luar biasa dalam hal penyebaran materi Informasi ke seluruh belahan dunia. IT merupakan suatu alat Globalisator yang luar biasa.

Penyedia informasiteknologi, IT Business Edge, memaparkan dan menupas mengenai 12 komputer tablet terbaru yang akan menjadi pesaing utama iPad Apple di pasar. Dalam slide show-nya IT Business Edge mengatakan, pasar tablet berkembang cepat dengan banyak tablet baru yang kompetitif yang dikenalkan kepada public, dan yang membedakan adalah konsumen, jaringan nirkabel, dan kualitas perangkat itu sendiri. Berikut ini 12 tablet yang kemungkinan akan mengguncang prestasi pasar iPad kedepan:
1. Samsung Galaxy Tab
Sebuah tablet Android 7-inci dari Samsung. Dioperasikan dengan sistem operasi Android 2.2, berisi prosesor ARM, fitur layar AMOLED, memiliki resolusi layar 1024 x 600, dilengkapi pre-install Flash Player, Google Maps, JavaScript 1.5, dan Bluetooth serta Swype.
2. BlackBerry Playbook
Memiliki koneksi Wi-Fi, teknologi Bluetooth dan memiliki kamera menghadap ke depan dan belakang. Menggunakan sistem operasi QNX yang sudah dikembangkan.
3. Cisco Cius
Cisco Cius, disebut sebagai kolaborasi ponsel dan tablet bisnis yang mengintegrasikan virtual desktop dengan akses penuh kolaborasi aplikasi komunikasi dan Cisco. Tablet bersistem operasi Android ini akan memiliki layar 7-inci, dijalankan pada prosesor Intel Atom dan fitur kamera menghadap kedepan dan belakang untuk videoconference. Perangkat ini mendukung untuk koneksi Wi-Fi dan 3G, dan menawarkan 32 gigabyte Flash.
4. Dell Streak
Streak Dell adalah smartphone/hibrida tablet yang ditawarkan melalui penyedia jaringan AT&T, di Amerika Serikat. Dilengkapi dengan layar sentuh WVGA 5-inci dan system operasi Android 1.6.
5. HP Slate 500
Tablet ini akan dijalankan dengan system operasi Windows 7 dan target pasar sama dengan Cius Cisco.
6. Toshiba Folio 100
Perangkat ini memiliki layar 10.1-inci, dijalankan dengan Android 2.2, dan prosesor Nvidia Tegra 2. Folio 100 juga diduking 16GB memori, mendukung Bluetooth 2.1, dilengkapi dengan output HDMI, dua port USB, SD slot kartu memori, dan konektivitas nirkabel 802.11 b/g/n serta 3G data.
7. HP PalmPad
Tablet ini salah satu produk dari hasil akuisisi Palm oleh HP. Dilihat dari bentuknya, PalmPad sepertinya dibuat benar-benar untuk menyaingi iPad Apple dan merebut konsumennya.
8. LG Optimus
Perangkat ini akan dijalankan dengan system operasi Android.
9. Acer Tablet
Perangkat ini dilengkapi fitur keypad QWERTY.
10. Microsoft Windows 7 Tablet
Tablet Microsoft ini dikritik banyak orang, termasuk Rob Enderle dari IT Business Edge, Microsoft tetap bekerjasama dengan Intel dan pembuat computer lainnya untuk mengoptimalkan tablet itu.
11. Open Tablet 7
Tablet berbasis Flash ini akan membedakan diri dengan penggunaan perangkat lunak manajemen enegi OpenPeak.
12. Google/Verizon Tablet
Spekulasi menyebutkan bahwa perangkat ini memiliki layar sentuh 10-inci dan beresolusi 1280 x 720 pexel, berbasis platform Tegra Nvidia, 2GB RAM, dilengkapi solid state drive 32 GB, konektivitas 3G/Bluetooth/WiFi, GPS, dan webcam.

PENUTUP

Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam tulisan ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman dusi memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan dan penulisan makalah di kesempatan – kesempatan berikutnya.Semoga tulisan ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.

2 komentar: