Senin, 22 November 2010

TULISAN TENTANG COBOL

1. Jelaskan definisi COBOL!
Jawab: COBOL (Common Bussiness Oriented Language) adalah bahasa pemrograman komputer, yang dirancang untuk menyelesaikan persoalan bisnis.
2. Jelaskan aturan penulisan source program COBOL!
Jawab:
  • Kolom yang tersedia untuk menulis program COBOL  (1-80).
  • Kolom 1-6 : untuk nomor urut (optional).
  • Kolom 7: untuk tanda hypen baris sambungannya berada di area B, bila diisi tanda * maka dianggap komentar, bila diisi tanda / dianggap komentar dan dicetak mulai halaman baru teratas, bila diisi dengan karakter D dianggap komentar.
  • Kolom 8-11 : disebut area A, tempat menuliskan semua judul divisi, judul seksi, nama paragraf, judul file description (FD), level number 01 dan 77.
  • Kolom 12-72 : disebut area B, tempat penulisan semua elemen program selain yang ditulis di area A.
  • Kolom 73-80 : untuk komentar atau dokumentasi program.
3. Sebutkan dan jelaskan divisi-divisi utama pada COBOL!
Jawab:

  • IDENTIFICATION DIVISION : merupakan divisi pertama yang paling sederhana, berisi keterangan mengenai program yang dibuat.
  • ENVIRONMENT DIVISION : merupakan divisi ke 2, berisi informasi mengenai peralatan yang digunakan dalam program.
  • DATA DIVISION : menjelaskan input dan output data yang digunakan serta semua keterangan tentang file, record, nama data, serta bentuk format yang akan digunakan dalam PROCEDURE DIVISION.
  • PROCEDURE DIVISION : merupakan gambaran logoka yang digunakan untuk menyelesaikan masalah, sehingga divisi ini merupakan inti dari program COBOL.
4. Sebutkan dan jelaskan level-level number pada COBOL!
Jawab:
  • 01 : untuk mengawali keterangan dari record (record description).
  • 02-49 : digunakan untuk mengawali keterangan dari data item.
  • 66 : digunaka untuk RENAMES.
  • 77 : digunakan untuk mengawali data item yang berdiri sendiri. Hanya boleh terdapat pada WORKING-STORAGE SECTION.
  • 88 : digunakan untuk mengawali suatu nama kondisi.
5. Jelaskan yang dimaksud:
Jawab:
a. MOVE VERB : digunakan untuk memindahkan data dari satu field ke field lain.
b. DISPLAY VERB : digunakan untuk menampilkan hasil di layar / di printer.
c. ACCEPT VERB : digunakan untuk memasukkan data lewat layar pada saat program dijalankan.
d. STOP VERB : digunakan untuk menghentikan program secara permanen (STOP RUN), maupun secara sementara (STOP LITERAL).

 

MEMUTIHKAN KULIT LEHER

Cara-cara memutihkan kulit leher:
1. Belah jeruk nipis menjadi 4 bagia.
2. Celupkan dalam minyak tanah, lalu gosokkan di kulit leher.
3. Lakukan dengan teratur pagi dan sore selama 1-2 minggu.

TUGAS TEORI ORGANISASI UMUM 2

KEPEMIMPINAN
1.Jelaskan ruang lingkup lingkup ORMET?
2.Mengapa uang bisa dijadikan sebagai motivasi dalam bekerja?
3.Apa sebab timbulnya organisasi informal?
4.Apa yang dimaksud dengan jedala johari?
Jawab
1.Ruang lingkup ORMET merupakan unit staf atau sebagai pelayan bagi manajer dan administrasi dalam melaksanakan fungsi manajemenya yaitu membantu secara teknis dan praktis dalam pelaksanaan teori O dan M secara tepat.
2.karena uang merupakan alat pembayaran yang sah disuatu negara dan uang juga dapat dijadikan alat tukar dengan benda-benda yantg dibutuhkan sehingga uang dapat dijadikan motivasi.
3.Organisasi informal terbentuk tanpa disadari sepenuhnya,tujuan tidak jelas,anggaran dasar serta anggaran rumah tangga tidak ada.
4.jendela johari menjelaskan mengenai garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan jendela masing-masing.

TUGAS TEORI ORGANISASI UMUM 1

Organisasi

Organisasi merupakan suatu perkumpulan manusia yang mempunyai struktur organisasi yang sesuai dengan tujuan organisasinya,sumber-sumber daya yang dimilikinya dan lingkungan yang melingkupinya.didalam dunia mahasiswa biasanya mempunyai berbagai macam jenis organisasi,misalnya HMI,SENAT,BPM dan lain-lain.didalam suatu organisasi para anggota suatu organisasi mempunyai visi dan misi yang sama dan setiap organisasi ada 2 tujuan:
  • tujuan yang bersifat sosial yaitu suatu organisasi yang tujuan utamanya untuk memberikan pelayanan kepada para anggotanya atau masyarakat.
  • tujuan yang bersifat komersil yaitu suatu organisasi yang mempunyai tujuan untuk mencari keuntungan.
biasanya organisasi yang bersifat sosial ada di universitas sedangkan organisasi yang mempunyai tujuan komersil adalah perusahaan.jadi pada intinya bahwa tujuan suatu organisasi adalah memberikan pelayanan yang terbaik bagi para anggota maupun masyarakat.

TUGAS TEORI ORGANISASI UMUM 2

Kepemimpinan

Disetiap negara selalu mempunyai ciri khas didalam corak kepemimpinan.sebagai contoh Indonesia dimana dahulu Indonesia menganut sistem kepemimpinan otokrasi tepatnya pada saat era orde baru,memang sistem otokrasi ada keuntungan diantaranya:Pembangunan suatu negara menjadi lancar dan negara menjadi aman(tidak ada premanisme dan demonstrasi yang anarki) sedangkan kerugianya diantaranya:rakyat tidak mempunyai hak didalam mengambil keputusan,rakyat selalu dikendalikan oleh pemerintah dan kedaulatan tidak ada di tangan rakyat tetapi dipemerintah.tetapi setelah memasuki tahun 1998 setelah jatuhnya orde baru sistem otokrasi diganti menjadi sistem demokrasi walaupun hingga saat ini belum berjalan dengan baik tetapi juga ada keuntungan dan kerugian.keuntungan berupa rakyat mempunyai hak menyalurkan aspirasinya,rakyat dapat memantau jalannya pemerintahan sedangkan kerugianya berupa sering terjadi pro dan kontra sehingga sering terjadi demo yang anarki dan sering terjadi penyalahgunaan sistem demokrasi untuk saling menjatuhkan.jadi,pada dasrnya setiap corak kepemimpinan pasti selalu ada keuntungan dan kerugian tetapi tergantung cara rakyat dalam menyikapinya.

TUGAS TEORI ORGANISASI UMUM 3

Organisasi Informal

1.Sebutkan gaya kepemimpinan yang anda ketahui?
2.Sebutkan manfaat dari organisasi informal?
3.Sebutkan beberapa jenis bagan struktur bagan organisasi?
4.Jelaskan perbedaan dari tata kerja,sistem kerja dan prosedur kerja?
Jawab
1.Otokrasi,Demokrasi dan Laissez Faire.
2.Bersifat demokrasi,tidak bergantung kepada pimpinan dan mudah dipantau.
3.Organisasi lini,organisasi lini dan staf serta Organisasi fungsional.
4. Organisasi lini mempunyai tata kerja sebagai penghubung secara langsung antara atasan dengan bawahan,sistem kerjanya antara pimpinan dan bawahan selalu dihubungkan dengan garis wewenang,prosedur kerjanya adanya kerja sama yang baik antara atasan dan bawahan.Organisasi lini dan staf tata kerjanya dimana pemimpin dibantu oleh para staffnya,sistem kerjanya para staff selalu memberikan masukan dan saran kepada atasannya,prosedur kerja pimpinan selau percaya kepada staffnya dan organisasi fungsional tata kerjanya adanya pelimpahan wewenag dari atasan kepada bawahan,sistem kerjanya bersifat teknis serta prosedur kerjanya adanya pengawasan yang ketat.

TUGAS TEORI ORGANISASI UMUM 4

Komunikasi

1.Jelaskan syarat komunikasi yang baik dan berhasil?

2.Apa yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi penyimpangan yang efisien dan fleksibel?

3.Sebutkan cara penyusunan paper\warkat yang saudara ketahui!

4.sebutkan prinsip dalam tata kerja,sistem kerja dan prosedur kerja?
Jawab

1.Adanya sumber karena sumber dapat mengendalikan berita yang akan dikirim,pengubahan berita kedalam sandi,adanya pengiriman berita baik lisan maupun tulisan dan adanya umpan balik.

2.mencari kejelasan gagasan-gagasan terlebih dahulu sebelum dikomunikasikan dan mempertimbangkan keadaan fisik dan manusia secara keseluruhan.

3.Kata pengantar,daftar isi,pendahuluan,Landasan teori,pembahasan dan kesimpulan.

4.Tata kerja,prosedur kerja dan system kerja harus disusun dengan mempertimbangkan segi-segi tujuan,fasilitas,peralatan,material,biaya dan waktu.untuk mempersiapkan hal-hal tersebut maka harus terlebih dahulu dipersiapkan adanya penjelasan mengenai tujuan pokok organisasi,skema,klasifikasi jabatan dan semacamnya.

TUGAS TEORI ORGANISASI UMUM 5

PENYALAHGUNAAN DATA

1.Sebutkan cara penyusunan warkat yang anda ketahui ?

2.Untuk jenis warkat,wesel,cek,surat pembelian disusun\ditaruh dengan cara apa ?

3.Apa yang anda ketahui dengan RECORD RETENTION SCHEDULE ?

4.Apa yang anda ketahui dengan TABULATING ?
Jawab

1.kata pengantar,Daftar isi,Pendahuluan,Landasan teori,Pembahasan dan Kesimpulan.

2.Penyusunan warkat,cek,wesel dan surat pembelian biasanya disusun menurut abjad,subjek,nomor,daerah dan waktu.

3.Suatu kebijaksanaan yang harus dilakukan dalam rangka proses menajemen,yaitu,yang berhubungan dengan pengelolaan,pemilihan,distribusi dan disposisi dari record mana yang disimpan atau yang dimusnahkan.

4.Mengumpulkan data dan fakta yang sesuai dengan cakupan bidangnya masing-masing menjadi suatu daftar atau tabel sehingga tidak terjadi penggulangan kata dan dapat memberikan analisa yang rasional serta obyektif.

TUGAS TEORI ORGANISASI UMUM 5

PENYALAHGUNAAN DATA
Penyalahgunaan data adalah suatu tindak yang dilakukan oleh individu atau kelompok yang dimana orang atau kelompok tersebut melakukan mengubah atau menyalahgunakan data yang sudah ada menjadi berbeda atau mengada-ada. Contoh yang dilakukan dalam tindak penyalah gunaan data seperti,tindak penyalahgunaan data keuangan dalam perusahaan,misalkan sperti menambah atau mengurangi data keuangan yang telah masuk.Tindakan seperti ini tidak hanya merugikan perusahaan tersebut namun orang lain akan merasakannya juga.
Akibat yang ditimbulkan dari penyalahgunaan data ada banyak diantaranya adalah berbagai tindakan criminal seperti yang dilakukan hacker-hacker untuk menjebol ATM/BANK. Selain itu penyalahgunaan data juga biasanya digunakan untuk tujuan pemalsuan berbagai data seseorang/perusahaan yang jelas sangat merugukan orang lain. Tindakan ini termasuk pelanggaran hukum dan ada sanksi-sanksi yang akan diberikan bila kita melakukannya.

TUGAS TEORI ORGANISASI UMUM 4

MISCOMMUNICATION


Miscommunication. Memang seringkali terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Pentingnya bersikap tenang dalam menghadapi suatu permasalahan memang berperan penting dalam pengambilan langkah selanjutnya yang dianggap tepat.
Miscommunication adalah tantangan terbesar di banyak tempat kerja. Untuk menghindarinya, cobalah beri kesempatan kepada otak untuk mengolah informasi dan memikirkannya sejenak, buatlah point-point yang ingin disampaikan sesingkat dan setepat mungkin. Dengan cara ini, pendengar akan mengerti dan mengingat pesan kita.
Komunikasi merupakan sarana yang paling vital bagi setiap manusia untuk mengerti dirinya sendiri, mengerti orang lain dan memahami lingkungannya. Mengetahui tempat dan cara kehadirannya di masyarakat serta hubungan dengan sesama yang ada di sekitarnya. Semua itu dapat dipahami dengan adanya “Jalur Komunikasi” yang terjalin baik. Komunikasi tidak saja dikenal dalam bidang kehumasan (public relations) ataupun dalam dunia pers, melainkan mempunyai cakrawala pemahaman yang sangat luas. Hampir di setiap aspek kehidupan manusia terjalin proses komunikasi yang disadari maupun tidak disadari. Dalam bidang perdagangan komunikasi berperan aktif, juga dalam bidang pendidikan hingga pembangunan. Komunikasi sangat menentukan maju mundurnya nilai-nilai pendidikan, nilai pembangunan yang menyangkut nilai moral serta nilai materialnya.
Sering perencanaan yang baik, gagal dalam pelaksanaannya. Hal ini hanya disebabkan oleh karena komunikasi yang tidak lancar sehingga baik pihak perencana maupun pihak pelaksana itu tidak mengerti satu sama lain. Di sisi lain, sering terlontar berbagai asumsi dan praduga yang negatif dalam interaksi masyarakat sehingga mengakibatkan masyarakat akan berusaha mempertahankan identitas masing-masing, termasuk mempertahankan harga diri, integritas dan menjaga pengaruh wibawa masing-masing. Dengan kominikasi, situasi pemikiran dan keadaan yang kaku itu dapat dijernikan, diupayakan pemahaman, pengertian yang sama.
Proses komunikasi pada hakikatnya adalah proses penyampaian pikiran/perasaan oleh seseorang (komunikator) kepada orang lain (komuniken). Pikiran bisa merupakan gagasan, informasi, opini, dan lain-lain yang muncul dari benaknya. Komunikator yang baik adalah orang yang selalu memperhatikan umpan balik sehingga ia dapat segera mengubah gaya komunikasinya di kala ia mengetahui bahwa umpan balik dari komuniken bersifat negatif.
Di dalam proses komunikasi ada tiga unsur yang sangat berperan aktif. Pertama, komunikator yang berdiri dan memainkan model/ media komunikasi verbal maupun non-verbal. Kedua, komuniken (pribadi atau kelompok) adalah pihak yang menerima hubungan dari komunikator. Ketiga, pesan yaitu unsur terpenting dan inti dalam interaksi antara komunikator dengan komuniken. Untuk mencapai keberhasilan komunikasi pesan disampaikan sedemikian rupa, kadangkala dengan menciptakan stimulan (rangsangan) sehingga komunikan merasakan respect terhadap pesan.
Pesan itu diusahakan dengan memakai bahasa, simbol atau lambang yang sudah dipahami oleh komuniken maupun komunikator itu sendiri, sehingga salah pengertian (miscommunication) dapat dihindari. Selain soal bahasa yang dipergunakan, pesan itu seharusnya “membangkitkan kebutuhan atau keuntungan pihak komuniken”. Karena itu komunikator harus mampu melihat kebutuhan sesamanya di samping kebutuhannya sendiri.
Begitu juga dalam hal pendidikan, dalam bidang pendidikan diusahakan agar komunikasi berjalan dengan baik agar pencapaian nilai dan tujuan serta interaksi yang ada di dalamnya sehingga implimentasi pendidikan berjalan baik. Ditinjau dari prosesnya, pendidikan merupakan komunikasi dalam arti kata bahwa dalam proses tersebut terlibat dua komponen yang terdiri atas manusia, yakni pengajar sebagai komunikator dan pelajar sebagai komuniken.
Perbedaan antara komunikasi dengan pendidikan terletak pada tujuannya dan efek yang diharapkan. Ditinjau dari efek yang diharapkan itu, tujuan komunikasi sifatnya umum, sedangkan tujuan pendidikan sifatnya khusus. Kekhususan iniloah yang dalam proses komunikasi melahirkan istilah-istilah khusus seperti penerangan, propaganda, agitasi, dan pendidikan.

MENGHILANGKAN KOMEDO

Cara menghilangkan komedo dengan scrub sayur dan masker kacang:
1. Blender selembar daun kailan, selembar daun seledri, 1/4 buah apel, campur dengan perasan jeruk lemon. usapkan dan pijat lembut wajah dengan scrub sayur ini, lalu bilas.
2. Uapi wajah dengan air panas yang diberi garam 1 sendok makan. biarkan 10 menit. Uap air garam kan membuka pori-pori, memperlebar pembuluh darah kapiler di bawah kulit dan memperlancar peredaran darah ke kulit.
3. Campur sari kacang kedelai dan kacang polong, gunakan sebagai masker, diamkan 30 menit, bilas Gunakan beberapa kali.

TUGAS TEORI ORGANISASI UMUM 3

ORGANISASI INFORMAL

Organisasi infomal pada struktur oraganisasi tidak akan terlihat tetapi akan selalu mengikuti keberadaan organisasi fomal. Organisasi informal, merupakan kumpulan antar perseorangan tanpa tujuan bersama yang disadari, meskipun pada akhirnya hubungan-hubungan yang tak disadari itu untuk tujuan bersama. Organisasi informal ini keberadaannya tidak direncanakan tetapi terjadi secara otomatis karena hubungan antar perseorangan pada sesama anggota organisasi formal (perusahaan).
Organisasi infomal merupakan organisasi yang tercipta karena adanya hubungan antar pribadi yang secara tidak sadar terjadi keberadaannya tanpa didasarkan pada hubungan wewenang formal pada struktur organisasi maupun kesepakatan tujuan bersama. Dalam organisasi formal, tiap unsur organisasi mempunyai kedudukan tugas dan fungsi-fungsi yang tegas. sedangkan di dalam organisasi informal, kedudukan serat fungsinya tampak kabur. Organisasi informal ini terjadi karena adanya komunikasi antar sesama karyawan yang dengan cepat menyebarkan informasi melalui desas-desus dari mulut kemelut. Adapun desas-desus itu bisa saja berlebihan, salah, kurang tepat maupun merupakan kebocoran informasi dari atasan yang mungkin benar. Untuk itulah agar organisasi informal bermanfaat bagi perusahaan maka sudah sepantasnya kalau setiap atasan harus bisa menggunakan segi positif keberadaan organisasi informal ini terutama dalam rnenyampaikan perintah.
Perkembangan organisasi informal di dalam organisasi formal dikarenakan adanya ketidakmampuan organisasi formal dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan tertentu dari anggota organisasi formal itu sendiri. Seperti yang dikatakan oleh Max Waber :
“Berkembangnya organisasi informal ini karena struktur formal tidak dapat memberikan pemenuhan kebutuhan para anggotanya dan juga kebutuhan organisasi (formal) itu sendiri. Keduanya yaitu organisasi formal dan organisasi informal memiliki persamaan dan perbedaan dalam hal tujuannya, mekanisme kontrol, karakteristik dan sebagainya.”
Menurut J. Winardi organisasi informal memiliki beberapa ciri-ciri yang membedakan dari organisasi formal, yaitu :
1. Keanggotaan pada organisasi-organisasi informal dapat dicapai baik secara sadar maupun tidak sadar, dan kerap kali sulit untuk menentukan waktu di mana seseorang menjadi anggota organisasi tersebut.
2. Sifat hubungan antar anggota dan bahkan tujuan organisasi yang bersangkutan tidak terspesifikasi.
3. Organisasi informal dapat dialihkan menjadi organisasi formal apabila hubungan didalamnya dan kegiatan yang dilakukan terstruktur dan terumuskan.
4. Organisasi informal, merupakan kumpulan antar perseorangan tanpa tujuan bersama yang disadari, meskipun pada akhirnya hubungan-hubungan yang tak disadari itu untuk tujuan bersama.
5. Dalam organisasi formal, tiap unsure organisasi mempunyai kedudukan tugas dan fungsi-fungsi yang tegas. sedangkan di dalam organisasi informal, kedudukan serat fungsinya tampak kabur. (J Winardi, 2003:9).
Selain itu, menurut Hicks organisasi informal dibedakan menjadi organisasi primer dan organisasi sekunder :
1. Organisasi Primer, organisasi semacam ini menuntut keterlibatan secara lengkap, pribadi dan emosional anggotanya. Mereka berlandaskan ekspektasi timbal balik dan bukan pada kewajiban yang dirumuskan dengan eksak. Contoh dari organisasi semacam ini adalah keluarga-keluarga tertentu.
2. Organisasi Sekunder, organisasi sekunder memuat hubungan yang bersifat intelektual, rasional, dan kontraktual. Organisasi seperti ini tidak bertujuan memberikan kepuasan batiniyah, tapi mereka memiliki anggota karena dapat menyediakan alat-alat berupa gaji ataupun imbalan kepada anggotanya. Sebagai contoh organisasi ini adalah kontrak kerjasama antara majikan dengan calon karyawannya di mana harus saling setuju mengenai seberapa besar pembayaran gajinya.
Organisasi informal adalah hubungan pribadi dalam organisasi yang mempengaruhi putusan di dalam organisasi tersebut tetapi ditiadakan dari skema formal dan tidak panggaruh dengan struktur formal organisasi. Organisasi informal tumbuh karena berbagai faktor baik ekstern (pendidikan, umur, senioritas, jenis kelamin, latar belakang etnis dan kepribadian), maupun intern (jabatan, upah, jadwal kerja, mobilitas, dan simbol status). Organisasi informal membentuk klik, status dan peranan, norma dan sanksi serta metode kerja sendiri lain dengan aturan formal. Organisasi informal dapat bermanfaat bagi pribadi anggota dan organisasi, namun juga dapat membahayakan organisasi dan dapat berkembang dalam berbagai bentuk.
Seperti halnya organisasi formal, organisasi informal juga memiliki struktur tersendiri. Struktur inilah yang membedakan antara dua jenis organisasi tersebut. Adapun struktur organisasi informal, yaitu :
1. Organisasi informal adalah hubungan pribadi dalam organisasi yang mempengaruhi putusan di dalam organisasi tersebut tetapi ditiadakan dari skema formal dan tidak panggah dengan struktur formal organisasi.
2. Organisasi informal tumbuh karena berbagai faktor baik ekstern (pendidikan, umur, senioritas, jenis kelamin, latar belakang etnis dan kepribadian), maupun intern (jabatan, upah, jadwal kerja, mobilitas, dan simbol status)
3. Organisasi informal membentuk klik, status dan peranan, norma dan sanksi serta metode kerja sendiri lain dengan aturan formal.
4. Organisasi informal dapat bermanfaat bagi pribadi anggota dan organisasi, namun juga dapat membahayakan organisasi.
5. Organisasi informal berkembang dalam berbagai bentuk.
Beberapa jenis bagan struktur organisasi:
1. Bagan struktur organisasi garis.
2. Bagan struktur organisasi fungsional.
3. Bagan struktur organisasi staf dan garis.
4. Bagan struktur organisasi fungsional dan lini.
5. Bagan struktur organisasi matrik.